Kasus Vina Cirebon: Diangkat ke Film hingga Jadi Sorotan Kembali

- 16 Mei 2024, 21:15 WIB
Pengacara Hotman Paris (kiri) bertemu kakak almarhumah Vina, yakni Marliyana di kawasan Jakarta Barat.
Pengacara Hotman Paris (kiri) bertemu kakak almarhumah Vina, yakni Marliyana di kawasan Jakarta Barat. /Pikiran Rakyat /Asep Bidin Rosidin /

Kalangan Jambi - Kasus pembunuhan dan pemerkosaan perempuan bernama Vina di Cirebon, Jawa Barat, yang terjadi 2016 silam kini jadi sorotan kembali. Sorotan masyarakat ini terjadi pasca rilisnya film yang diangkat dari kisah Vina yang berjudul, "Vina: Sebelum 7 Hari" di bioskop.

Film yang tayang perdana pada 8 Mei 2024 telah banyak ditonton masyarakat. Hingga Kamis, 16 Mei 2024, film Vina tembus 3 juta penonton.

Singkat Sinopsis Film Vina: Sebelum 7 Hari

Film Vina: Sebelum 7 Hari diawali dengan ditemukannya Vina dan kekasihnya Eky ditemukan tewas. Mulanya keluarga korban mengira meninggalnya Vina dan Eky karena kecelakaan lalu lintas.

Kasus ini kemudian ditangani kepolisian. Namun saat proses pemeriksaan ditemukannya kejanggalan hingga akhirnya pihak kepolisian melakukan penyelidikan lebih lanjut atas kasus kematian Vina dan Eky.

Kasus ini heboh hingga viral rekaman suara Vina yang merasuki sahabatnya bernama Linda kemudian menceritakan kronologi pembunuhannya. Kala itu, Vina berusia 16 tahun dia ingin menikah dengan Eky, sebelumnya ternyata Vina pernah menolak cinta Egi yang merupakan sahabat sang pacar.

Diceritakan jika Vina meludahi Egi sehingga Egi merasa begitu kesal, bahkan dikabarkan Vina diperkosa oleh genk motor Egi dan dibunuh di depan Eky. Setelah kaki Vina dilindas Eky yang merupakan pacar Vina juga turut dibunuh.

Vina, karakter yang diperankan dengan apik oleh Nayla D. Purnama, menolak menerima kematian dirinya yang dianggap sebagai kecelakaan. Hingga akhirnya Roh Vina turun tangan mengungkap kejadian tujuh hari sebelum kejadian tragis tersebut.

Baca Juga: Kamu Harus Tahu! Fakta Film Vina: Sebelum 7 Hari

Film Vina Sebelum 7 Hari
Film Vina Sebelum 7 Hari iMDB

Pelaku Diduga ada 11 Orang

Sebanyak 11 orang diduga terlibat dalam kasus ini. Delapan di antaranya telah ditangkap dan diadili, dengan tujuh di antaranya dijatuhi hukuman seumur hidup, sementara satu lainnya mendapat hukuman 8 tahun penjara karena masih di bawah umur saat kejadian.

Halaman:

Editor: D. Sanjaya Putra


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah